Sabtu, 30 Oktober 2010

NUR KHASANAH/K7109142/KLS IIIB

LOG PERTEMUAN KE-9

Presentasi KD 2 mengenai teori dalam pembelajaran, dan dapat disimpulkan bahwa dari beberapa teori pembelajaran yang tersebut tidak ada yang paling baik atau unggul, tetapi yangmenentukan adalah cara atau gaya belajar setiap orang yang sesuai dengan pribadinya.

Yunita Lailati Husna / K7109217 / B (35)

Log pertamuan ke-9. Rabu, 27 Oktober 2010

Setiap pendidik memiliki metode tersendiri dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan teori-teori belajar dan memiliki keterkaitan antara pelajaran yang satu dengan lainnya.

Dewi masitoh/k7109051/IIIA/17

Log pertemuan ke 9, rabu 26 oktober 2010
Presentasi KD 2,tentang teori belajar dan pembelajaran
Inovasi Pembelajaran adalah upaya seorang guru dalam mendinamisasi kelas supaya murid dapat belajar. Belajar tidak harus dengan buku. Seorang guru berkewajiban untuk menghidupkan dan menggerakkan siswa untuk mau belajar. Seorang guru harus mampu menggerakkan siswa untuk bergerak kea rah yang positif dengan cara menyibukkan siswa dengan kegiatan yang positif. Salah satu contoh kegiatan positif adalah dengan cara pemberian tugas kepada siswa. Walau pemberian tugas itu sangat menyebalkan bagi siswa namun tugas itu dapat dijadikan alternative untuk menggiring siswa ke arah positif

Yuni Ambarsari/k7109215/33/3B

Log pertemuan ke 8
27 Oktober 2010
Melanjutkan presentasi KD 2 mengenai “Teori-teori Pembelajaran”
Membahas Teori-teori Pembelajaran
Menjelaskan tentang bagaimana berfikir spekulatif itu, menjelaskan tentang ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Membahas bagaimana menerima jati diri, menerima lingkungan sekitar dan kemudian baru menemukan jati diri kita sendiri.

PAWIT KHOTIBIN/K7109150 3B/08

log 9

dari masa ke masa selalu ada inovasi model pembelajaran, dan hampir semua teori belajar sampai sekarang tetap diberlakukan, diantara BEHAVORISTIK, HUMANISTIK, KOGNITIF, bahkan Teori Belajar berbasis otak. Semua itu demi kesuksesan kegiatan pembelajaran.

PAWIT KHOTIBIN/K7109150 3B/08

log 8
makna belajar dan pembelajaran adalah, cara memahamkan siswa dari yang belum tau menjadi paham,
meliputi: eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi belajar dan pembelajaran

Niken Septiasih/K7109131/IIIB/ LOG 9

Log: 9
Teori belajar yang paling tepat adalah yang sesuai dengan gaya belajarnya, dan yang memahami bagaimana gaya belajar seseorang adalah dirinya sendiri.

Jumat, 29 Oktober 2010

Astuti Prasetyaningsih/ K7109037/ IIIA

LOG 9
27 Oktober 2010

Teori belajar dan pembelajaran merupakan suatu bekal agar guru dapat lebih baik dalam membelajarkan muridnya, lebih dari itu proses utama dalam pembelajaran adalah suatu aktivitas baik aktivitas melihat, mendengarkan, bergerak, maupun berfikir.

Lilis Saputri H. ( IIIA / K7109120)

Log 9
Presentasi bab 2 mengenai teori-teori belajar masa lalu, masa kini, dan masa sekarang. Seorang guru harus mampu menggerakkan siswanya agar terlibat dalam pembelajaran dengan cara yang bermacam-macam.

Kamis, 28 Oktober 2010

SUTARNO K7109183

pertemuan
log 9

model pembelajaran yang digunakan setiap tenaga pendidk berbeda=beda dan tidak ada guru yang menerapkan 1 model pembelajaran saja. serta dalam mengupas materi atau suatu permasalahan tidak hanya mengacu materi itu saja melainkan dikaitkan dengan materi lain yang terkait.

Anggriawan Nova P/K7109018/III A/05/

LOG 9

Presentasi dan diskusi tentang teori- teori belajar dan penerapannya.

ROVEY WIDIANTO / K7109169 / 3B / 15

LOG 9 , 27 OKTOBER 2010

Pada zaman sekarang perlu menerapkan berbagai teori dalam pembelajaran, misalnya menggabungkan teori behaviorisme dan kognitifisme.

IKA WINDY PRATIWI/K7109097/27/IIIA

Log Pertemuan ke 9
27 Oktober 2010

presentasi KD 2 yang membahas tentang berbagai teori pembelajaran dan penerapannya.

Ulfi Rahmatikasari/ K7109193/ IIIB

Log pertemuan 9
27 Oktober 2010

Presentasi dan diskusi tentang teori- teori belajar (behaviorisme, konstruktivisme, kognitivisme, humanisme) dan penerapannya dalam pembelajaran, serta pemikiran- pemikiran yang spekulatif.

Zahro Sri Tanjung / K7109218 / III B

LOG PERTEMUAN KE 9

Teori belajar kognitif, behaviorisme, konstruktivisme, dan humanisme merupakan bentuk teori yang digunakan dalam proses pembelajaran, akan tetapi dari keempat teori tersebut tidak ada yang paling bagus atau paling baik, sehingga dalam proses pembelaja tidak hanya menggunakan satu teiri saja.

LOG NUR LAILA K7109222/3B

Pertemuan 9, 27-10-2010
Teori dan gaya pembelajaran bisa dipakai semua tapi disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik, guru harus mampu memahami karakter belajar setiap anak didiknya dan memberikan gaya belajar yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

TOFIYAH/K7109186/3B

Log pertemuan ke 9
Macam-macam teori belajar, behavioristik, kognitif, konstruktivis, dan humanistik, serta analisis teori belajar tersebut.

Ulfatun Rohmah_3B_K7109192

Log 9
dari berbagai macam teori pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan. tidak ada yang terbaik dan terjelek. maka kita ambil kebaikan dari masing-masing teori pembelajaran. pendidik haruslah bisa memahami gaya belajar masing-masing peserta didik.

Log 9_Undi Eka Wati_K7109194_3B

Gaya pembelajaran kognitif, Behaviorisme, konstruktivisme dan humanisme tidak ada yang buruk dan juga tak ada yang lebih bagus, tetapi gaya belajar yang terbagus adalah gaya belajar menurut diri sendiri.

Noviana Tri Lestari (K7109139) (IIIB)

Log pertemuan 9 (27 Oktober 2010)

Semua teori belajar memiliki kelebihan dan kekurangan, teori belajar yang bagus manakala teori tersebut sesuai dengan dirinya dan gaya belajar setiap individu dapat dikenali oleh orang terdekatnya yaitu dirinya sendiri.

Dyah Pratiwi / K7109066 / IIIA

LOG 9

Seorang guru harus mengetahui cara mengorganisasi kelas, mendinamisasi kelas agar siswa mau belajar. Banyak cara yang dapat dipilih oleh guru untuk menggerakkan siswa agar aktif dalam pembelajaran. Seperti presentasi, guru dapat melihat berapa persen siswa aktif dalam berbicara, berapa persen aktif untuk berpendapat, berapa persen aktif untuk bertanya dan berapa persen siswa aktif untuk berpikir. Dan masih banyak cara lain yang dapat digunakan guru agar siswa aktif dalam pembelajaran.

Sulatul Ma'wadah K7109181/ III B/ 17

.Log Pertemuan ke 9 27 Oktober 2010

. Presentasi tentang Teori-teori pembelajaran masa lalu, sekarang dan yang akan datang
. tidak ada teori pembelajaran yang sempurna

Rabu, 27 Oktober 2010

Novi Tri Kurniasih (K7109137) (IIIB)

Log pertemuan 9, tgl 27 Okt 10

Jangan terlalu cepat memvonis teori belajar mana yang paling baik, karena setiap teori pasti ada kelebihan dan kekurangannya!!!! Hal itu tergantung dari bagaimana cara kita menerapkannya!!!

Selasa, 26 Oktober 2010

Dewi masitoh/k7109051/17/IIIA

Log pertemuan ke 8 rabu, 20 Oktober 2010
Melanjutkan presentasi kelompok 1 mengenai konsep belajar dan pembelajaran.
Pada dasarnya belajar bukan memupuk informasi tetapi mengkonfirmasi informasi. Dalam pembelajaran tidak ada istilah terbaik. Pembelajaran atau belajar yang terbaik adalah belajar yang sesuai dengan siapa yang diajak belajar. Sebagai seorang guru kita mempunyai tugas untuk merancang suatu kondisi supaya siswa mau belajar. Diharapkan dengan perancangan itu guru dapat memperbaiki, memperbaharui,pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa di lapangan

Dewi masitoh/k7109051/17/IIIA

Log pertemuan ke 6 rabu,13 0ktober 2010
Presentasi kelompok 1 mengenai kemengapaan inovasi, dan pengertian inovasi.
Suatu informasi dapat disimpan menggunakan tingkatan- tingkatan tertentu. Suatu informasi dapat disimpan secara short term memory dan long term memory. Short term memory adalah tingkatan penyimpanan informasi jangka pendek, Sedangkan long term memory adalah penyimpanan memori jangka panjang. Diantara keduanya letak perbedaannya adalah pada tingkat pemrosesan informasi. Jika pada long term memory informasi yang masuk sudah dianalisis dan dihubung-hubungkan dengan informasi sebelumya, sedangkan pada short term memory belum mencapai hal tersebut.

Dyah Pratiwi / IIIA / K7109066

LOG 8

Membahas mengenai konsep belajar dan pembelajaran. Pembelajaran harus menghasilkan belajar, tetapi tidak semua proses belajar terjadi karena pembelajaran. Guru yang baik akan selalu memberikan kebenaran kepada siswa bukan justru memberikan pembenaran.

Dian Wahyuni/K7109058/3A

Log 8, 20 Oktober 2010

Inovasi Pembelajaran itu untuk mencari, menemukan sesuatu yang baru atau memperbaharui pembelajaran yang telah ada kemudian menerapkannya sesuai konteks. " Pembelajaran yang baik itu jika cocok dengan yang melakukan".

IKA YULIASTUTI/K7109098/3A

LOG PERTEMUAN 8
Presentasi lanjutan  KD 1 yang dilakukan oleh kelompok 1, mengenai konsep belajar dan pembelajaran. Dalam belajar dan pembelajaran, setiap guru harus memiliki konsep yang jelas, agar belajar dan pembelajaran yang dilakukan terarah dan tepat pada tujuan.

Senin, 25 Oktober 2010

Yuni Ambarsari/K7109215/3B

Log Pertemuan ke 8
20 Oktober 2010
Pertemuan tersebut digunakan untuk melanjutkan presentasi bagian ke 2 yaitu tentang "Kemengapaan Inovasi Pembelajaran" yang didalamnya tterdapat Eksplorasi (contoh kegiatannya mencari contoh, mengamati dll), Elaborasi(contoh kegiatannya mengelompkan), dan Konfirmasi (contoh kegiatannya mengumpulkan).

ZAHRO SRI TANJUNG / K7109218 / III B

Log pertemuan ke 8

Melanjutkan presentasi KD 1 yaitu tentang konsep belajar dan pembelajaran dalam proses belajar, serta upaya bagaimana seorang guru mampu membuat siswanya untuk mau belajar pada saat proses pembelajaran. 

Ulfi Rahmatikasari/ K7109193/ IIIB

Log pertemuan 8
20 Oktober 2010

Melanjutkan presentasi KD 1 tentang Kemengapaan Inovasi Pembelajaran, khususnya membahas tentang konsep belajar dan pembelajaran, serta menerangkan tentang eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

IKA WINDY PRATIWI/K7109097/27/IIIA

LOG PERTEMUAN 8
presentasi yang dilakukan oleh kelompok 1 tentang KD1 yang membahas konsep belajar dan pembelajaran, diamana seorang guru tidak hanya mengajar saja namun guru harus mampu mengatur kelas dengan baik serta mampu untuk mencari konsep belajar yang sesuai dengan peserta didik.  

TOFIYAH/K7109186/3B

 Log pertemuan 8
Konsep belajar dan pembelajaran, dalam proses belajar ada tujuh fase belajar yaitu fase motivasi , konsentrasi yang masuk dalam eksplorasi, fase mengolah, menyimpan, menggali yang masuk dalam elaborasi, dan fase prestasi, dan umpan balik masuk dalam konfirmasi.

Nova Silviani N / K7109136 Log Pertemuan 8

Pertemuan kali ini melanjutkan presentasi kelompok 1 tentang "Kemengapaan Inovasi Pembelajaran" dan menjelaskan tentang kunci dalam menulis tulisan, antara lain membaca buku terlebih dahulu dengan jelas dan memahaminya; menangkap makna isi buku tersebut; elaborasi makna atau ide itu; isi tulisan bisa diumpamakan dan disajikan secara perlahan.

Minggu, 24 Oktober 2010

ARINI KURNIAWATI / K7109034 / 3A / 12

 LOG pertemuan 8

Lanjutan Presentasi kelompok pertama mengenai konsep belajar dan pembelajaran.
Tugas seorang guru bukanlah hanya mengajar saja, tapi juga bagaimana guru bisa mengatur dan memenejemen peserta didik agar bisa berkembang dengan baik sebagai mana mestinya. Harus bisa membelajarkan siswa sesuai dengan konsep belajar dan pembelajaran yang cocok bagi siswa.