Selasa, 12 Oktober 2010

IKA WINDY PRATIWI/ K7109097/27/IIIA

INOVASI PEMBELAJARAN

Saat mendengar kata inovasi, yang muncul yaitu sesuatu yang baru, unik dan menarik. Kebaruan, keunikan dan yang menarik itu pada akhirnya mampu membawa manfaat bagi manusia. Sering kali manusia tidak puas dengan keadaan yang ada, maka dari itu manusia menghendaki untuk melakukan suatu inovasi untuk dirinya sendiri. Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah ada maka akan selalu mencoba, menggali dan menciptakan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lain dari biasanya. Begitu juga dengan inovasi yang erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Di mana proses pembelajaran melibatkan guru dan siswa yang memiliki karakteristik khas yaitu keinginan untuk mengembangkan diri, maju, berprestasi serta mewujudkan apa yang telah dicita - citakan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memberi batasan, inovasi sebagai pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya baik berupa gagasan, metode atau alat.
Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi (UU No. 18 tahun 2002). Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah suatu pembaharuan atau perombakan yang sudah ada untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai. Pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada peserta didik yang harus dirancang, dikembangkan dan dikelola secara kreatif, dinamis, dengan menerapkan pendekatan multi untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif bagi peserta didik.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa inovasi pembelajaran adalah proses belajar pada siswa yang dirancang, dikembangkan dan dikelola secara kreatif, dinamis agar terjadi suatu proses belajar yang kondusif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar