Senin, 27 September 2010

Belajar dan Pembelajaran/ NOVA SILVIANI N/K7109136/03

Belajar merupakan penambahan, perluasan, dan pendalaman pengetahuan, nilai, sikap serta keterampilan. Merupakan suatu proses perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman. Perubahan perilaku tersebut merupakan hasil interaksi individu dengan lingkungan dan perilaku tersebut bersifat relatif tetap.
Belajar memiliki ciri-ciri yaitu: pertama, belajar harus memungkinkan terjadinya perubahan perilaku pada individu. Kedua, perubahan itu harus buah dari pengalaman. Ketiga, perubahan tersebut relatif tetap.
Belajar juga terdapat beberapa jenis diantaranya, yaitu: belajar isyarat (Signal Reaning), belajar stimulus-respon (Stimulus-Response Learning), belajar asosiasi verbal (Verbal Asosiation Leraning), belajar konsep (Concept Learning), belajar hukum atau aturan (Rule Learning), belajar pemecahan masalah (Problem solving learning).
Pembelajaran dalam pendidikan formal yakni pendidikan disekolah, sebagisn besar terjadi di sekolah dan lingkungan.Juga pembelajaran terjadi lingkungan masyarakat yaitu pada saat kegiatan ko-kurikuler, ekstrakurikuler dan ekstramular.
Konsep dasar pembelajaran seperti dalam Pasal 1 butir 20 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, yaitu: Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik, sumber pelajar, lingkungan belajar.
Model-model pembelajaran, antara lain: model pengkondisian operant dari B.F Skinner, model kondisi belajar dari Robert Gagne-Briggs, model pemrosesan informasi, model perkembangan kognitif dari Jean Piaget dan model belajar sosial dari Albert Bandura.
Pembelajaran yang harus kita kembangkan, seperti:
1.Pembelajaran berorientasi pada proses belajar isyarat.
2.Pembelajaran berorientasi pada proses belajar rangkain.
3.Pembelajaran berorientasi pada proses beljar stimulus respon.
4.Pembelajaran berorientasi pada proses belajar asosiasi verbal.
5.Pembelajaran berorientasi pada proses belajar membedakan.
6.Pembelajaran berorientasi pada proses belajar konsep.
7.Pembelajaran berorientasi pada proses belajar aturan.
8.Pembelajaran berorientasi pada proses belajar pemecahan masalah.
Belajar dan pembelajaran merupakan suatu kompenen yang sangat penting dalam pencapain tujuan pembelajaran baik formal maupun informal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar