Rabu, 29 September 2010

NOVIANA TRI LESTARI/K7109139/05/III B

GURU SEPERTI KOKI

Perkembangan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju pesat menghasilkan inovasi di berbagai bidang. Perkembangan inovasi di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan dirasakan lebih pesat dibandingkan dengan inovasi dalam bidang pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan pada saat ini menjadi perhatian. Peningkatan kualitas pendidikan tidak dapat berjalan tanpa adanya inoivasi pendidikan, dan inovasi pendidikan salah satunyainovasi dalam pelaksanaan pembelajaran.
Inovasi pembelajaran adalah ide, media, metode, yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru yang digunakan oleh seorang guru untuk mengajar sebagai usaha mencapai tujuan pembelajaran dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran. Inovasi pembelajaran merupakan upaya dasar dalam memperbaiki aspek-aspek pendidikan dalam praktiknya. Proses pembelajaran dituntut selalu menyesuaikan dengan tuntutan dan dinamika kehidupan masyarakat, agar pembelajaran tidak membosankan maka harus ada inovasi yang dilakukan oleh seorang guru.
Dari berbagai aspek dalam pendidikan, aspek pembelajaran merupakan elemen yang memiliki pengaruh sangat signifikan untuk mewujudkan kualitas lulusan atau output pendidikan. Proses pembelajaran dapat diibaratkan meramu masakan nenjadi masakan yang enak dan lezat. Kelezatan suatu masakan tidak cukup ditentukan oleh kengkapan bumbunya, justru yang amat penting adalah kemampuan seorang koki dalam meramu bumbu masakan dan pintar-pintar seorang koki memberikan sentuhan inovasi yang baru pada masakan agar masakan menarik dan penikmat masakan menyukainya. Berdasarkan analog ini, maka pembelajaran adalah proses meramu bumbu, sedangkan guru adalah kokinya.

1 komentar: