Selasa, 31 Agustus 2010

DIAN PERMANA SARI/K7109057/IIIA

ANALISIS FILM 3 IDIOTS
1. Apa nilai utama dari film tersebut?
Nilai utama yang dapat diambil dari film 3 idiot adalah nilai-nilai pendidikan yang menceritakan tentang kegigihan 3 orang pemuda yang berusaha untuk mewujudkan mimpi mereka, namun pada dasarnya mereka tidak menuruti kata hati mereka karena takut terhadap berbagai tekanan yang berada dilingkungan mereka mulai dari otoritas keluarga hingga masalah ekonomi. Film tersebut juga menceritakan tentang kekolotan penguasa di salah satu perguruan tinggi di India, sebagai seorang pendidik hendaknya kita tidak mencampur aduk urusan pribadi denagn urusan pekerjaan, juga tidak menggunakan kekuasaan sebagai alat untuk mengeluarkan keputusan yang bersifat subjektif. Dari pemeran utama kita dapat mengambil pelajaran untuk tidak takut bereksperimae selama kita merasa benar, selain itu juga ,kita tidak boleh takut terhadap penguasa yang kolot. Film ini juga menceritakan tentang persahabatan yang selalu ada baik suka maupun duka.

2. 10 implikasi dalam pembelajaran yang dapat kita ambil dari film tersebut antara lain
a. pembelajaran hendaknya tidak selalu terpancang pada teori
b. pendidikan hendaknya tidak melakukan pelecehan terhadap peserta didik dalam bentuk apapun
c. pendidik tidak boleh membuat peserta didik takut untuk mencoba dan bereksperimen
d. pendidikan tidak boleh memaksakan kehendak atau keputusan yang bersifat subjektif
e. mengembangkan pola pikir untuk tidak mengejer kesuksesan semata tetapi hendaknya berfikir efisien
f. jangan menjadikan belajar sebagai suatu hal yang menakutkan tetapi pahamilah intinya dan nikmatilah ilmu tersebut
g. belajar tidak berorientasi pada hasil melainkan pada proses
h. belajar bukan untuk meraih kesuksesan akan tetapi untuk membesarkan jiwa
i. pendidik hendaknya menjaga perasaan peserta didik dengan tidak memanggil “idiot”, “bodoh” dan lainsebagainya.

3. 10 kejelekan yang harus dihilangkan ,dalam film tersebut antara lain:
a. memanggil peserta didik denag sebutan bodoh, idiot dll
b. memanfaatkan kekuasaan dalam mengambil keputusan yang bersifat subjektif
c. menganggap peserta didik bodoh dan tidak memiliki kompetensi
d. hilangkan kebiasaan menghafal tanpa memahami materi dalam belajar
e. belajar berorientasi pada hasil
f. menganggap ijasah sebagai hasil dari belajar
g. terpancang pada teori yang statis
h. tidak mau meneriam adanya perubahan
i. mencampur urusan pribadi dengan pekerjaan
j. memanfaatkan kekuasaan dalam mengambil keputusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar