Kamis, 02 September 2010

Hubungan Antara Kurikulum dan Pembelajaran/ Nova Silviani N/ K7109136/ IIIB

Istilah kurikulum berasal dari bahasa latin yaitu “Curricule”, yang artinya jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari . Pada waktu itu, ialah jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh siswa yang bertujuan untuk memperoleh ijazah.
Kurikulum memuat isi dan materi pelajaran. Kurikulum ialah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan.
Kurikulum sebagai rencana pembelajaran. Kurikulum adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk pembelajaran siswa. Dengan program itu para siswa melakukan berbagai kegiatan belajar, sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laku siswa, sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran.
Pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun dari beberapa unsur yaitu manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang satu dengan lainnya saling mempengaruhi dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Masing -masing unsur meemiliki peranan yang sangat penting. Manusia terlibat dalam sistem pengajaran terdiridari siswa, guru dan tenaga lain, seperti tenaga perpustakaan. Material, meliputi buku, papan tulis, boldmaker, fotografi, slide, film, dsb. Fasilitas dan perlengkapan ytang meliputi ruangan kelas, komputer, dsb. Prosedur yang terdiri dari jadwal dan metode penyampaian informasi, praktik, belajar, dsb. Kurikulum dan pembelajaran memiliki hubungan yang sangat erat karena kurikulum itu sendiri merupakan mata pelajaran yang harus ditempuh dan dipelajari siswa untuk memperoleh pengetahuan. Dalam melaksanakan hal tersebut tentu tidak lepas dari unsur-unsur seperti manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur-prosedur yang semua itu disebut dengan pembelajaran. Maka kurikulum dan pembelajaran tidak dapat berdiri sendiri karena saling berhubungan erat dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar