Sabtu, 04 September 2010

Yunita Lailati Husna / K7109217 / 3B(35)

Yunita Lailati Husna / K7109217 / 3B(35)

Perlunya Inovasi dalam Pembelajaran

Masalah pendidikan kita memang kompleks. Faktor geografis (kondisi alam, penduduk yang sebagian besar tinggal di pedesaan, bahkan terpencil, sehingga sulit dijangkau transportasi) merupakan contoh sebab terjadinya kesenjangan mutu pendidikan antara daerah perkotaan dengan pedesaan/terpencil. Masalah lain diantaranya adalah susahnya akses komunikasi dan informasi di daerah, rendahnya kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anak (karena masalah kesejahteraan hidup), guru yang kurang memadai, serta sarana dan prasarana sekolah yang sangat minim.
Masalah tersebut dapat terbantu teratasi melalui penggunaan teknologi. Sudah saatnya kita harus mulai menggunakan ICT untuk mempercepat pemerataan akses dan peningkatan mutu pendidikan. Dalam hal ini dituntut adanya strategi dari pemerintah, sehingga bisa tercipta suasana yang kondusif. Melalui ICT, kita dapat melaksanakan pendidikan dengan materi/bahan ajar yang di samping memenuhi standar mutu pemerintah juga tersedia merata dan mudah diakses di seluruh wilayah Indonesia.
Di sisi lain, peserta didik harus diberikan fasilitas untuk kemudahan akses materi/bahan ajar, tanpa harus dibatasi oleh kendala ruang dan waktu, juga kendala sosial ekonomi. Di daerah terpencil yang tidak dapat menerima siaran radio dan televisi, misalnya, pemerintah dapat menyediakan secara cuma-cuma antena parabola untuk akses pendidikan melalui satelit, sehingga mereka dapat belajar melalui siaran radio, TV pendidikan, internet, dan dari modul dan kaset audio/video(e-Learning). E-Learning perlu untuk digalakkan mengingat dari beberapa survey di internet menunjukkan bahwa e-Learning terbukti mampu meningkatkan mutu pendidikan dibanding cara-cara konvensional.
Semua itu harus dilakukan secara sinergi oleh beberapa pihak terkait. Pemerintah pusat sebagai motor penggerak, diharapkan akan mampu untuk melibatkan pihak swasta dan Pemerintah Daerah, untuk dapat terlaksananya pendidikan yang bermutu, tersebar merata ke seluruh wilayah Indonesia (mudah diperoleh) dan murah (terjangkau). Pendidikan yang maju dan tersebar merata serta mudah diakses akan mampu meningkatkan mutu SDM yang pada gilirannya akan mampu memajukan bangsa dan negara Indonesia sekaligus akan meningkatkan kemampuan kita untuk menang bersaing di era global seperti sekarang ini.

Log Pertemuan I, 25 Agustus 2010
Membahas mengenai definisi inovasi pembelajaran.

Log Pertemuan II, 31 Agustus 2010
Merancang kontrak kuliah selama 1 semester sesuai silabus.

Log Pertemuan III, 31 Agustus 2010
Menonton film 3 Idiots dan menganalisisnya.

Nilai utama dari film 3 Idiots:
Hidup adalah perlombaan, jika tidak cepat maka akan terkalahkan orang lain. Dalam perlombaan itu setiap manusia tentunya tidak sendiri, ada rekan, sahabat, bahkan musuh. Untuk menjadi pemenang, seseorang harus percaya diri, berani mengambil keputusan dan menciptakan perubahan. Persahabatan yang kokoh dapat mengantarkan seseorang pada kesuksesan.

10 Implikasi film 3 idiots dalam kehidupan:
1. Adanya kompetisi untuk menjadi yang terbaik
2. Berani menyampaikan pendapat dengan pemikiran yang berbeda
3. Belajar bisa dilakukan dimanapun
4. Menjadi juara yaitu dengan meningkatkan nilai
5. Suatu hinaan dapat menjadi motivasi untuk maju
6. Berpikir kritis, cepat dan tepat
7. Sahabat dapat menjadi motivasi dalam belajar
8. Keberanian dapat membawa seseorang untuk meraih impian
9. Jadilah diri sendiri
10. Optimis dalam menjalani hidup

10 Kejelekan dalam Film 3 idiots:
1. Sistem pendidikan yang kaku dimana mahasiswa dipaksa hanya untuk mengejar nilai dan kelulusan saja.
2. Sistem pendidikan yang sarat akan hukuman sehingga diigaratkan seperti penjara
3. Pandangan orang tua yang memaksakan kehendak bagi anaknya
4. Rektor yang otoriter, kaku dan intolerir.
5. Mahasiswa bunuh diri karena tertekan.
6. Sifat penakut akan membawa seseorang takut akan masa depan.
7. Pemikiran yang selalu materialistis.
8. Adanya kecurangan yaitu mencuri soal ujian.
9. Pelajar mengkonsumsi minuman keras.
10. Buang air di sembarang tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar