Kamis, 02 September 2010

IKA YULIASTUTI/3A/K7109098

1. Log Pertemuan 1
Inovasi pembelajaran sebagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya kualitas peserta didik.

2. Log Pertemuan 2 & 3
Mengamati Kegiatan Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi melalui film, dan mencari isi dari film tersebut untuk diimplikasian dalam KBM.

3. Tugas mencari nilai utama,kejelekan dan implikasi dari film 3 idiots
 Nilai Utama : Kebebasan serta keikhlasan dalam belajar dan berkreasi merupakan kunci utama untuk mencapai kesuksesan hidup
 Kejelekan :
a) Dosen/guru terlalu otoriter dan tidak menghargai pendapat/hasil karya anak didiknya.
b) Dosen menganggap anak didiknya seperti robot yang dibatasi daya kreasinya.
c) Ingin mendapatkan nilai yang baik, tetapi melalui jalan yang instan yaitu dengan mencuri soal ujian.
d) Menyelesaikan masalah dengan cara bunuh diri
e) Orang tua selalu memaksakan kehendak kepada anak, dan membatasi bakat serta minat anaknya.
f) Meremehkan pekerjaan sebagai guru yang hanya bisa mengeja dan membacakan soal untuk anak didiknya.
g) Membeda-bedakan anak didik, sesuai tingkat kecerdasan dan menghina anak yang bodoh.
h) Dosen/guru terlalu cepat mengambil kesimpulan dan selalu berpikir anak didiknya yang berbeda dari anak yang lain adalah idiot.
i) Dosen/guru menjadikan anak didiknya sebagai sasaran apabila KBM tidak berhasil.
j) Peserta didik tidak menghargai dan memperhatikan ketika guru/dosen menyampaikan materi pelajaran.
 Implikasi :
a) KBM harus dijadikan sebagai perlombaan yang memacu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan persaingan yang sehat.
b) Guru harus bisa melatih siswanya agar dapat berkonsentrasi dalam situasi dan kondisi apa pun.
c) Guru dapat membantu masalah siswa dalam belajar agar KBM dapat berjalan lancar.
d) Guru mampu menciptakan dan membiasakan siswanya untuk berpikir kritis dan berkreasi.
e) Guru harus mampu menciptakan situasi belajar yang menyenangkan dan tanpa tekanan, sehingga materi pelajaran dapat diserap secara maksimal oleh peserta didik.
f) Sebagai guru seharusnya melihat proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik, tidak hanya mementingkan hasil, untuk menetapkan nilai.
g) Dalam KBM harus menanamkan kejujuran, untuk menciptakan hasil belajar (nilai) yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
h) KBM tidak harus dilakukan dengan buku, tetapi peserta didik dapat belajar dengan teman sebayanya dan belajar langsung dari pengalaman yang mereka dapatkan.
i) Guru sebaiknya senantiasa memberikan motivasi bagi peserta didik yang kemampuan akademiknya rendah, agar dapat bersaing dengan peserta didik yang lain.
j) Guru menghargai hasil karya anak didiknya, agar anak didiknya selalu terpacu untuk mengembangkan kreatifitasnya dan guru hendaknya menjadikan siswanya sebagai manusia ( subjek yang hidup ) yang memiliki perasaan, bukan dianggap sebagai robot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar