Rabu, 01 September 2010

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN

Nama : Nur Laila
NIM : K7109222/IIIB

Kemajuan dan perkembangan dunia begitu pesat, tuntutan masyarakat terhadap keberhasilan pendidikan pun semakin besar. Mampukah guru menghadapi tantangan tersebut? jawabannya tentu! tatapi banyak kalangan yang meraguakan hal tersebut. Para guru ayo buktikan bahwa kita mampu! Salah satu cara membuktikannya diawali dari keinginan guru untuk selalu berinovasi dalam pembelajaran guna meningkatkan kualitas dan membantu memecahkan masalah pendidikan.
Inovasi pendidikan merupakan suatu perubahan baru atau sengaja mengembangkan yang sudah ada menjadi lebih baik lagi. Dengan diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), maka terbukalah keluasaan bagi guru untuk berkreasi menemukan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran. Inovasi pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dan untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Peserta didik harus diperlakukan secara utuh sebagai manusia-manusia pembelajar yang akan menyerap pengalaman sebanyak-banyaknya melalui proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Kelas harus mampu menjadi “magnet” yang mampu menyedot minat dan perhatian peserta didik untuk terus belajar, bukan seperti penjara yang mengkrangkeng kebebasan mereka untuk berpikir, berbicara, berpendapat, atau berinteraksi.
Dalam konteks demikian, guru perlu mengambil langkah dan inisiatif untuk mendesain proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Guru memiliki kebebasan untuk melakukannya di kelas. KTSP sangat leluasa memberikan kesempatan kepada guru untuk menerapkan berbagai gaya dan kreativitasnya dalam kegiatan pembelajaran. Melalui kegiatan pembelajaran yang inovatif, kelas tidak akan terpasung dalam suasana yang kaku dan monoton. Para peserta didik perlu lebih banyak diajak untuk berdiskusi, berinteraksi, dan berdialog sehingga proses belajar mengajar akan lebih hidup dan tidak membosankan.

Guru memiliki peran yang amat penting dalam proses pembelajaran di kelas. Gurulah yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, mengevaluasi, menganalisis hasil evaluasi, dan melakukan tindak lanjut. Dalam konteks demikian, gurulah yang akan menjadi “aktor” penentu keberhasilan peserta didik dalam menerima pembelajaran yang diberikan. Maka untuk mencapai keberhasilan tersebut guru harus sekreatif mungkin menciptakan model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tetap disesuaikan dengan keadaan peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar