Rabu, 01 September 2010

Fitria Ningsih/ 3A/ K7109084

INOVASI PEMBELAJARAN

Log pertemuan pertama, Rabu 25 agustus 2010
Membahas tentang inovasi, mencari sumber tentang pembelajaran inovasi pembelajaran, membuat log setiap pertemuan,dan produk bulanan.

Log pertemuan ke-2 dan pertemuan ke-3, Selasa 31 Agustus 2010
Menonton film yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran dan mengambil manfaat atau pelajaran dari tayangan yang berjudul 3 idiots.

Tugas Mengenai Film yang Berjudul 3 Idiots.
1. Nilai utama yang dapat diperoleh dari dari film 3 idiots
Dalam sistem pembelajaran seorang Guru tidak seharusnya memacu peserta didiknya untuk mempelajari pelajaran yang terdapat dalam buku pelajaran saja, tetapi seorang Guru harus memberikan motivasi terhadap peserta didiknya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik agar peserta didik tidak merasa tertekan dengan adanya tuntutan seorang Guru yang memberikan pendapat agar mereka berkembang, tetapi malah menekan perkembangan kreativitas peserta didik yang berakibat buruk pada masing-masing individu.
2. Implikasi pada pembelajaran dalam film 3 idiots(10)
a. Dalam sistem pembelajaran seorang guru harus menanamkan sikap kreatif kepada siswanya agar tertanam sikap kreatif juga pada siswa tersebut.
b. Dalam pembelajaran seorang guru harus mendahulukan kepentingan siswanya dari pada kepentingan dirinya sendiri.
c. Pembelajaran dalam kelas tidak hanya terpaku pada buku sumber belajar saja, tetapi memberikan kebebasan untuk mencari sumber belajar yang lain.
d. Dalam proses pembelajaran agar berjalan baik yaitu seorang guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar selalu aktif dalam mengikuti pelajaran.
e. Dalam proses pembelajaran seorang guru juga dituntut untuk memberikan inovasi dalam mengajar agar siswa tidak merasa bosan dan pembelajaran tidak pasif.
f. Selalu melaksanakan proses pembelajaran sesuai kode etik guru yang harus dijalankan tanpa ditinggalkan ataupun terlupakan sedikitpun.
g. Sebaiknya dalam pembelajaran tidak menggunakan model belajar menghafal, tetapi melalui sistem pemahaman mengenai pelajaran tersebut, karena akan berakibat tidak baik bagi peserta didik.
h. Seorang guru harus selalu cekatan dalam bertindak dan bijak, karena seorang guru akan menjadi idola dan panutan bagi peserta didik.
i. Seorang guru dalam memberikan pemahaman terhadap peserta didik harus sesuai dengan kemampuan anak dalam menangkap suatu stimulus.
j. Pembelajaran tidak hanya sesuai tuntutan yang harus dilaksanakan oleh setiap instansi sekolahan tapi disesuaikan dengan kemampuan peserta didik juga.

3. Kejelekan yang perlu ditinggalkan dari film 3 idiots(10)
a. Selalu menunda suatu pekerjaan yang sudah didepan mata hanya demi sesuatu yang sepele/ tidak penting.
b. Apabila menjadi seorang guru selalu membatasi bahkan melarang kreatifitas yang dimiliki seorang anak.
c. Menghafal pelajaran tanpa memahami isi dari apa yang dihafalkan.
d. Merendahkan kemampuan yang dimilki orang lain padahl belum tentu dirinya dapat melakukannya.
e. Dalam belajar hanya mencari nilai materialnya saja(ijazah) tidak untuk mencari ilmu yang dapat bermanfaat bagi maasing-masing individu.
f. Sebagai seorang guru menghina muridnya sendiri.
g. Selalu takut untuk merubah diri sendiri agar menjadi yang lebih baik.
h. Selalu terpaku hanya pada buku pelajaran saja tanpa melihat inovasi-inovasi yang ada dalam dunia pendidikan.
i. Apabila menjadi seorang guru terlalu otoriter terhadap semua yang dimilikinya, seperti otoriter dalam pembelajaran.
j. Tidak pernah menghargai hasil karya orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar