Selasa, 31 Agustus 2010

MAKNA INOVASI PEMBELAJARAN MENURUT SAYA ADALAH... (DIAN PERMANA SARI/K7109057/IIIA)

Inovasi adalah pembaharuan, penemuan atau kebaruan terhadap suatu hal sedangkan belajar merupakan suatu proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, ketrampilan dan sikap. Sehingga dari kedua pernyataan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa inovasi belajar adalah upaya pembaharuan dalam proses pencapaian berbagai macam kompetensi, ketrampilan dan sikap yang dilakukan individu. Pada hakikatnya belajar merupakan proses yang berkesinambungan dari manusia itu lahir hingga akhir hayatnya.
Sebagai seorang pendidik kita hendaknya menyiapkan inovasi-inovasi pembelajaran bagi peserta didik agar tercipta iklim belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan serta mudah dimengerti. Dengan dibuatnya berbagai macam inovasi tersebut diharapkan tujuan pembelajaran akan dapat tercapai dengan baik tanpa hambatan.
Salah satu upaya proses pembelajaran yang baik adalah dengan cara membiarkan peserta didik berpikir kritis sehingga kompetensi yang dimiliki peserta didik dapat tergali dengan baik. Proses pembelajaran hendaknya tidak membatasi pengembangan pola berfikir peserta diidk, hanya saja sebagai pendidik kita hendaknya mengarahkan peserta didik kearah pemikiran yang benar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Dalam kaidah belajar adalah suatu proses, dijelaskan bahwa belajar pada dasarnya bukanlah suatu tujuan atau benda, tetapi merupakan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan. Proses ini lebih merupakan cara mencapai tujuan atau benda. Belajar tidak berorientasi terhadap hasil pembelajaran melainkan lebih kepada proses belajar itu sendiri.
Dalam pencapaian tujuan pembelajaran diperlukan berbagai inovasi yang akan mempermudah proses pembelajaran. Inovasi tersebut dengan penerapan berbagai metode pembelajaran seperti penggunaan metode simulasi, belajar berkelompok baik dalam kelompok kecil maupun dalam kelompok besar sehinggga tercipta suasana diskusi yang memungkinkan peserta didik untuk mendiskusikan permasalahan yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran sehingga mereka dapat menemukan penyelesaian atas masalah yang mereka hadapi tersebut.
Dalam dunia pendidikan pengembangan inovasi pembelajaran dapat terlihat dari berkembangnya kurikulum yang dijadikan sebagai acuan dalam pengajaran seperti Kurikulum 1994, Kurikulum Tingkat Saruan Pendidikan, Cara Belajar Siswa Aktif dan berbagai kurikulum lainnya yang tentunya memiliki tujuan untuk memper mudah proses pengajaran agar hasil belajar bersifat relevan sehingga berbagai kurikulum diatas dapat pula dikatakan sebagai alat dari inovasi pembelajaran. Atau dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa kurikulum merupakan bagian dari inovasi pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar