Senin, 13 September 2010

ARUM TRI SUBARKAH (K7109035/13)

INOVASI PEMBELAJARAN

Sudah bukan zamannya lagi anak diperlakukan bagai “keranjang sampah” yang hanya sekadar menjadi penampung ilmu. Peserta didik perlu diperlakukan secara utuh dan holistik sebagai manusia-manusia pembelajar yang akan menyerap pengalaman sebanyak-banyaknya melalui proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, kelas perlu didesain sebagai “masyarakat mini” yang mampu memberikan gambaran bagaimana sang murid berinteraksi dengan sesamanya. Dengan kata lain, kelas harus mampu menjadi “magnet” yang mampu menyedot minat dan perhatian siswa didik untuk terus belajar, bukan seperti penjara yang mengkrangkeng kebebasan mereka untuk berpikir, berbicara, berpendapat, mengambil inisiatif, atau berinteraksi.
Saya kira tak ada seorang pun yang bisa membantah bahwa guru memiliki peran yang amat vital dalam proses pembelajaran di kelas. Gurulah yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, mengevaluasi, menganalisis hasil evaluasi, dan melakukan tindak lanjut. Dalam konteks demikian, gurulah yang akan menjadi “aktor” penentu keberhasilan siswa didik dalam mengadopsi dan menumbuhkembangkan nilai-nilai kehidupan hakiki.

LOG PERTEMUAN 1
Mengenalkan kembali tentang Inovasi pembelajaran,memberikan referensi/buku-buku apa saja yang digunakan dalam pembelajaran.

LOG PERTEMUAN 2
Kontrak kuliah selama 1 semester (semester 3)

LOG PERTEMUAN 3
Menonton film 3 idiots

Nilai Utama dari film 3 idiots
"film tersebut mengajarkan kejujuran,kedisisplinan,keberanian,dan kepandaian seorang mahasiswa".

Implikasi pembelajaran dari film tersebut antara lain:
1. Hidup adalah perlombaan jika tidak cepat maka orang akan mengalahkan kita.
2. Guru yang baik tidak mengandalkan kesuksesan.
3. Jadilah orang yang besar tapi tidak mengejar kesuksesan.
4. Belajar dapat dapat dimana saja selagi masih bisa.
5. Belajar untuk memperoleh kesempurnaan.
6. Berpikir secara efisiensi maka kesuksesan akan ada dibelakang.
7. Dalam proses belajar siswa harus mengerti,bukan menghafal.
8. Dalam belajar harus menggunakan proses tidak hanya hasil.
9. Jadikan persaingan sebagai motivasi untuk mencapai kesuksesan.
10. jadilah seorang pengajar yang kompetitif.

kejelekan dari film antara lain:
1. Mengajarkan sifat sombong.
2. Pemberian hormat yang tidak baik.
3. Dosen egois,tidak mau mengharagai karya mahasiswanya.
4. Dalam pembelajaran hanya menekankan pada teori.
5. Orang tua selalu memaksakan kehendak.
6. Sopan santun yang kurang.
7. Cepat putus asa (menyelesaikan masalah dengan bunuh diri).
8. Terlalu otoriter.
9. Tidak melaksanakan pembelajaran dengan baik.
10. Menggunakan cara licik untuk mengalihkan perhatian teman saat belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar