Rabu, 15 September 2010

ARI JANAH AHYANI /III A/K7109031

INOVASI PEMBELAJARAN

Dosen pengampu Dr.H.Y.Padmono,M.Pd.

LOG 1

Inovasi pembelajaran bertujuan untuk memberi suasana baru bagi para siswa tentunya tanpa menyingkirkan tujuan dari pendidikan itu sendiri. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran diharapkan para siswa akan mampu menyerap intisari pelajaran yang diterimanya dengan lebih mudah, efektif dan efisien tentunya.

LOG 2

Kontrak kuliah selama 1 semester

LOG 3

Pembelajaran melalui perangkat audiovisual adalah termasuk salah satu praktek inovasi dalam pembelajaran. dapat juga dimanfaatkan untuk minarik minat siswa agar lebih memperhatikan dan menangkap pokok pelajaran yang disampaikan, atau bisa juga dikatakan sebagai refreshing bagi para siswa yang mulai penat mendengarkan 'ceramah' guru.

Analisis Film 3 Idiots

Siapapun yang akan membuat suatu tontonan pasti akan memikirkan dampaknya bagi si penonton, tidak terkecuali Rajkumar Hirani, sutradara handal asal India yang berhasil dengan film terbarunya 3 Idiots. Film yang mengambil tema dari dunia pendidikan ini mengisahkan perjuangan 3 orang mahasiswa yang mengejar gelar Insinyur di sebuah Universitas ternama di India yang harus bersaing ketat dengan mahasiswa lainnya. Konflik yang dimunculkan pun sangat realible, banyak ditemui disekitar kita. 3 Idiots can open our mind.

Nilai umum yang dapat diambil :
1. Ketulusan dalam persahabatan mampu merubah hitam dunia menjadi terang. Persahabatan adalah tameng yang dapat melindungi kita dari berbagai pukulan. Persahabatan yang tulus takkan lekang oleh waktu.
2. Semakin tinggi kedudukan seseorang adalah ujian baginya, apabila ia mampu mengemban beban dengan baik akan menjadi berkah bagi orang-orang dibawahnya namun jika ia gagal dan menyalahgunakan kedudukannya maka itu akan menjadi bencana bagi orang-orang dibawahnya.

Implikasinya dalam pendidikan :
1. Kesetiakawanan. Persahabatan yang sangat tulus serta kesetiakawanan yang Rancho,Raju dan Farhan mampu membawa mereka ke kesuksesan yang mereka impikan masing-masing.
2. Keberanian. Rancho berani mengeluarkan pendapatnya bahkan mengkritik tokoh killer yang dipanggil Virus. Namun selain mengkritik, Ranco juga mampu menunjukkan perbaikkan dari apa yang diklritiknya.
3. Tanggung jawab. Bisa dikatakan Rancho adalah mahasiswa yang bandel dan bisa dikatakan si 'troublemaker' namun Rancho tetap konsisten dan bertanggung jawab pada predikatnya sebagai mahasiswa dengan menjadi lulusan dengan nilai terbaik.
4. Rancho mengingatkan kita semua bahwa tujuan akhir suatu pembelajaran adalah bukan ijazahnya melainkan bekal kita untuk mencapai mimpi kita.
5. Menghormati orang tua. Seburuk apapun keadaan orang tua, sekeras apaun kehendak orang tua, sebagai anak wajib menghormati dan membuat orang tua bangga walau harus menempuh jalur yang berbeda dengan keinginan orang tua.
6. Keberanian melawan arus yang dianggapnya salah disertai dengan keyakinan dan kemampuan akan membawa kita kepada kesuksesan yang terindah.
7.  Berani mencoba hal baru. Walaupun Rancho seorang enginer namun dalam keadaan darurat dia bisa 'berubah' menjadi seorang bidan dengan instruksi Pia.
8. Belajar tidak harus disekolah, belajar bisa dimana saja yang dinginkan, apa saja yang dinginkan dan dengan siapa saja yang dinginkan.
9. Kejarlah cita dan cintamu dengan kesabaran dan keyakinan.
10. Persaingan memang dibutuhkan untuk menjadi yang terbaik, namun persaingan yang disertai dengan ambisi yang 'mendendam' justru akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.
11. Rancho yang dengan cepat membawa ayah Raju ke Rumah Sakit dengan skuter mengajarkan kita bahwa dimanapun dan kapanpun kita menghadapi masalah, kita dituntut untuk cepat tanggap dan mampu memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita.

Kejelekan :
1. Rektor yang otoriter luar biasa ( Pantas saja semua mahasiswa memberinya mahkota berjuluk VIRUS ).
2. Rektor menanamkan persaingan kepada mahasiswanya tanpa memikirkan dampak psikis mahasiswanya.
3. Rektor yang tidak menghargai mahasiswa dapat menghambat bahkan mengakhiri kesuksesan mahasiswanya.
4. Persaingan yang disertai ambisi dan dendam.
5. Beberapa adegan menggambarkan pudarnya nilai kesopanan dan kesantunan dalam dunia pendidikan.
6. Menolong seorang sahabat dari ancaman ketidaklulusan dengan mencuri soal ujian sangat tidak boleh ditiru.
7. Kesombongan dapat menghancurkan diri sendiri.
8. Belajar bukan menghafalkan apa yang dibaca namun memahami isi bacaan.
9. Jail yang berlebihan akan membuat masalah yang berkepanjangan.
10. Mahasiswa yang mudah putus asa dan berfikir dengan bubuh diri dapat menyelesaikan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar