Selasa, 14 September 2010

Tya pranita/tugas artikel/B/K7109191

PENIDIKAN KITA PERLU INOVASI
                Pendidikan merupakan hal yang paling penting saat ini. Pemerintah saat ini juga sangat memperhatikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia agar anak-anak penerus generasi dapat meneruskan perjuangan bangsa dalam memajukan negara ini. Pemerintah juga memperhatikan untuk guru-guru yang berkualitas, dan dapat melakukan inovasi agar pendidikan lebih baik. Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan mesti dimiliki atau dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Berbagai inovasi tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat dan senang belajar.
            Inovasi pembelajaran dapat dimaknai sebagai suatu upaya baru dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan berbagai metode, pendekatan, sarana dan suasana yang mendukung untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Inovasi pembelajaran berasal dari dua kata yaitu inovasi dan pembelajaran. Inovasi berasal dari kata latin, innovation yang berarti pembaruan dan perubahan. Kata kerjanya innovo yang artinya memperbarui dan mengubah. Inovasi ialah suatu perubahan yang baru menuju ke arah perbaikan yang lain atau berbeda dari yang ada sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana. Menurut Suprayekti ( 2004 : 2 ), inovasi adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan dirasakan sebagai hal yang baru oleh seseorang atau masyarakat, sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupannya. Kemudian pembelajaran, kata pembelajaran berasal dari kata belajar yang berarti aktivitas atau pengalamana yang menghasilkan perubahan pengetahuan, perilaku dan pribadi yang bersifat permanen. Perubahan itu dapat bersifat penambahan atau pengayaan pengetahuan, perilaku atau kepribadian. Mungkin juga dapat mengurangi atau reduksi pengetahuan, perilaku atau kepribadian yang tidak dikehendaki. Makna pembelajaran merupakan suatu sistem yang tersusun dari unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran.
Pada hakekatnya sifat inovasi itu amat relatif, dalam arti inovasi yang kita lakukan sebenarnya barangkali sudah tidak asing bagi orang lain. Tetapi sebagai seorang guru yang setiap hari berinteraksi dengan anak, maka sudah sewajarnya melakukan inovasi dalam pembelajaran. Contoh-contoh inovasi yang dapat dilakukan misalnya Yel-yel ini biasanya dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, guru mengajak siswa untuk bersama-sama mengucapkan beberapa yel yang telah diajarkan kepada mereka, Pemberian Penghargaan, Pemberian sanksi, membuat kelompok belajar, perpustakaan kelas, mading kelas, penggunaan alat peraga, dan metode belajar sambil bermain. Kemauan guru untuk mencoba menemukan, menggali dan mencari berbagai terobosan, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran agar pendidikan lebih baik dan menarik merupakan salah satu penunjang akan munculnya berbagai inovasi-inovasi baru yang segar dan mencerahkan. Tanpa didukung kemauan dari guru untuk selalu berinovasi dalam pembelajarannya, maka pembelajaran akan menjenuhkan bagi siswa dan siswa kurang minat dengan belajar. Di samping itu, guru tidak dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Inovasi akhirnya menjadi sesuatu yang harus dicoba untuk dilakukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar