Kamis, 16 September 2010

deviana yulianti/K7109049/3A

log pertemuan 1
"penjelasan mengenai inovasi pembelajaran
log pertemuan 2
buku refrensi,kontrak kuliah,nonton film 3 idiots

A. Nilai Utama Film 3 IDIOTS
Menurut saya film 3 IDIOTS memuat nilai-nilai pendidikan, persahabatan, dan perjuangan hidup. Film itu menggambarkan tentang pola pikir seseorang yang mampu merubah pandangan hidup orang-orang di sekitarnya.
Pada nilai pendidikan yaitu perjuangan 3 orang yang meiliki kemampuan dan kemauan berbeda (teknik mesin, fotografer alam liar, bussinessman) yang dituntut untuk menuntut ilmu dalam bidang yang sama yaitu teknik mesin demi memenuhi keinginan keluarga, dan memberikan pengertian bahwa belajar hendaknya berorientasi pada proses demi mendapatkan ilmu pengetahuan, bukan gelar semata.
Nilai persahabatan, yaitu persahabatan 3 orang yang memiliki kemauan yang berbeda, dan pada akhirnya mereka meraih keberhasilan karena kesetiakawananan yang kemudian diuji oleh berbagai cobaan dalam menjalankan kuliah.“Persahabatan itu lebih mulia daripada manusia itu sendiri”. Maka, hargailah persahabatan.
Berjuang dan Bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan salah satunya menjalani proses pendidikan dengan sebaik-baiknya. Berani dalam mengambil tindakan dalam mencoba hal baru dan berani melawan hal subjektif selama merasa dirinya merasa benar.
B. Implikasi Film Tersebut Di Dalam Pembelajaran
1. Guru harus dapat menjadi seorang motivator dan inovator bagi peserta didiknya.
2. Pembelajaran bukan sebuah mesin yang selalu bekerja secara statis.
3. Belajar untuk menerapkan teori-teori yang telah di pelajari. Belajar dengan berorientasi pada proses, dan tidak terpaku pada materi pokok.
4. Fokus dalam belajar.
5.Murid Berani mengajukan pertanyaan dan pendapat kepada guru juga salah satu hal yang harus dilakukan oleh murid. Ini dapat membuat mereka kritis terhadap suatu permasalahan.
6.Belajar adalah memahami pengetahuan baru bukan menghafal isi buku.
7.Belajar bukan untuk mencari nilai tetapi untuk memperoleh pengetahuan.
8.Belajar bukan untuk mengejar kesuksesan, tetapi untuk membesarkan jiwa.
9.Keberhasilan merupakan kemampuan masing-masing individu.
10.Kejujuran salah satu proses dalam pembelajaran.
11.Jangan mudah putus asa. Percaya diri.
12.Belajar dan bekerjalah sesuai dengan pilihanmu sendiri, maka engkau akan senang menjalaninya.
13.Memanusiakan peserta didik. Peserta didik bukanlah objek yang kita gerakkan seperti robot. Mereka adalah subjek, mereka adalah manusia yang unik.
14.Jangan pernah mengejar kesuksesan. Jadilah orang besar, jadilah orang besar maka kesuksesan akan mengejarmu.
15.Mengajarlah dengan hati. Segala ses atu yang dilaksanakan dengan setulus hati maka akan membuahkan hasil yang baik. Begitu juga belajar dan mengajar.
16.Kompetitif dan disiplin. Bagaikan dua mata sisi mata uang yang tidak dapat
C. Kejelekan Dari Film Tersebut
1. kekuasaan digunakan sebagai alat untuk menindas orang lain.
2. Pemaksaan dalam menentukan perkuliahan.
3. Pembelajaran berorientasi pada hasil.
4. Pembelajaran adalah untuk mencari nilai tertinggi.
5. Mengumbar kehebatan, padahal masih ada yang lebih hebat dari dirinya.
6. Menyepelekan kemampuan peserta didik.
7. Menempatkan peserta didik sesuai peringkat atau kasta.
8. Mengambil keputusan tanpa melihat akibat yang akan terjadi.
9. Pembelajaran bersifat statis. Belajar berorientasi pada hasil.
10. Berbohong, merugikan orang lain.
11. Terlalu cepat dalam mengambil tindakan dan ceroboh
12. Menjustifikasi peserta didik dengan kata yang buruk. Misal: bodoh!
13. Sombong/ bangga diri dengan apa yang telah kita raih, dan Berbuat curang.
14. Mudah puas dengan apa yang telah dapat kita raih.
15. Membebani peserta didik dengan tekanan batin. “aturan yang kolot”!
16. Menghambat peserta didik untuk berkembang.
17. Menuntut orang nutuk menjadi apa yang kita mau. Karena belum tentu menurut kita baik, juga akan baik untuk orang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar