Selasa, 07 September 2010

APRILIANA REJEKI / IIA / K7109029

INOVASI PEMBELAJARAN
Semenjak abad ke-21 dunia pendidikan di Indonesia menjadi lebih terpuruk, disebabkan karena kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. Memasuki abad ke-21 gelombang globalisasi dirasakan kuat dan terbuka. Kemajaun teknologi dan perubahan yang terjadi memberikan kesadaran baru bahwa Indonesia tidak lagi berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia yang baru, dunia terbuka sehingga orang bebas membandingkan kehidupan dengan Negara lain.
Sekarang kita merasakan adanya ketertinggalan di dalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal.Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan Negara lain. Dulu pendidik Indonesia memberi bantuan untuk mengajar di Negara tetangga akan tetapi sekarang berbanding terbalik. Banyak tenaga pendidikan yang didatangkan dari Negara tetangga. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karana itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di Negara-negara lain. Masalah yang cukup serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Untuk itu kita harus dapat menciptakan inovasi- inovasi dalam pembelajaran agar dapat mengatasi masalah dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Agar dapt meningkatkan mutu pendidikan kita harus menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Apa iti inovasi pembelajaran?
Inovasi berasal dari kata latin inovation yang berarti pembaruan dan pembaharuan.Pembaruan mempunyai arti yang berbeda dengan pembaharuan.Inovasi ialah suatu perubahan baru yang menuju kearah perbaikan, yang lain atau berbeda dari yang ada sebelumnya yang dilakukan dengan sengaja dan berencana.Inovasi dapat berbentuk gagasan kreatif dan kegiatan yang sederhana di tingkat kelas yang dianggap dapat mengatasi permasalahan pendidikan.Sedangkan pembelajaran berasal dari kata belajar, belajar dapat diartikan sebagai suatu usaha secara sistematis untuk melakukan suatu perubahan dari yang negatif menjadi yang positif. Ada tiga aspek yang harus dirubah melalui belajar, yaitu aspek affektif, kognitif, dan psikomotor. Pembelajaran merupakan bagian atau elemen yang memiliki peran sangat dominan untuk mewujudkan kualitas baik proses maupun output pendidikan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa inovasi pembelajaran adalah suatu cara, metode, ide yang digunakan sebagai hal yang baru untuk seseorang atau kelompok, baik berupa penemuan baru atau baru ditemukan orang yang berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam memecahkan masalah- masalah dalam proses pembelajaran serta untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya kualitas peserta didik.Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki dan dilakukan oleh guru, karena pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Berbagai inovasi diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat dan semangat untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar