Minggu, 05 September 2010

Yuni Rahmawati ( K7109216) III B

Log 1
Dari pertemuan pertama mata kuliah inovasi pembelajaran, saya mendapat sebuah pelajaran bahwa belajar bukanlah untuk mengumpulkan ilmu, akan tetapi sebagai bekal kita untuk mempertajam dalam mencari ilmu.

Log 2
Meskipun pertemuan kedua telah berlalu, akan tetapi ada sesuatu yang tak mungkin aku lupakan ketika suara itu berbisik bahwa belajar bisa berjalan dengan baik jika otak berpadu dengan hati, sehingga akan melahirkan manusia yang kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah.

Log 3
Aku telah mendapatkan sesuatu dari pertemuan itu bahwa belajar itu bukan hanya dihafal, dan bukan semata-mata untuk mencari ijazah, tetapi menggali dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya lebih penting dari itu.
ANALISIS FILM

Nilai utama yang diperoleh dari film 3 idiots adalah belajar itu memerlukan inovasi dan tanpa keterpaksaan karena semakin majunya perkembangan zaman akan lebih banyak tuntutan dan persaingan, untuk itu diperlukan kemapuan berpikir yang lebih kritis dan kemauan yan tinggi untuk berjuang.

Film tersebut dapat diimplikasikan dalam pembelajaran, yaitu:
1. Belajar bisa melalui kerjasama dengan siapa pun, meskipun dengan orang yang belum dikenal, atau bahkan dengan orang yang tidak disukai.
2. Belajar itu bisa dilakukan dimana saja, tidak harus melalui lembaga formal.
3. Belajar bukan hanya menerima, tetapi juga mencari, menggali ilmu sebanyak mungkin dan bukan untuk disombongkan melainkan sebagai bekal untuk menjadi orang yang berjiwa besar.
4. Belajar bukan semata- mata untuk mencari ijazah atau sekadar mencari nilai, akan tetapi untuk mencari ilmu.
5. Belajar dapat dimulai dan dilakukan dengan hal- hal yang mudah.
6.  Belajar tidak hanya menghafal, tetapi memahami apa yang dipelajari sehingga merangsang otak untuk berpikir secara kritis dan efisien.
7. Belajar untuk meraih kesuksesan tidak dilakukan dengan cara yang instant, tetapi membutuhkan kesabaran, kerja keras, semangat, pantang menyerah, dan mau menerima kritik dari orang lain.
8. Belajar itu dilakukan dengan hati, bukan paksaan.
9. Belajar itu bisa dilakukan dengan siapa saja, walaupun dengan orang yang lebih muda atau memiliki kedudukan lebih rendah dari kita.
10. Belajar yang akan membuahkan kesuksesan  harus ditekuni dengan cara yang sehat.

Film 3 IDIOTS juga memiliki sisi- sisi negatif yang tak pantas untuk dicontoh, diantaranya:
1. Dipandang dari segi isi, film ini memperlihatkan sesosok orang tua yang suka memaksakan kehendaknya tanpa memberi kesempatan anaknya untuk memilih.
2. Sesosok pendidik yang kolot tak mau mengadakan pembaharuan.
3. Pendidik terlalu cepat memfonis peserta didik dengan sebutan yang tak sepantasnya diperoleh.
4. Pendidik terlalu sombong dan angkuh, tak mau terbuka dan menerima kritik dari orang lain.
5. Pendidik cepat marah dan terlalu menekan peserta didiknya.
6. Belajar hanya untuk mencari nilai dan memperoleh ijazah.
7. Peserta didik terlalu cepat putus asa dealam menghadapi kegagalan sehingga bertindak bodoh seperti bunuh diri yang sebenarnya tak menyelesaikan masalah.
8. Menganggap bahwa kedudukan adalah sesuatu yang paling penting.
9.Menggunakan kekuasaan untuk bertindak sewenang- wenang.
10. Melakukan cara- cara yang tak baik untuk memperoleh prestasi atau kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar