Senin, 06 September 2010

SUTARMI (K7109182/18/3B)

SENIN, 06 SEPTEMBER 2010
LOG 1 (pertemuan 1)
Memberikan gambaran tentang inovasi pembelajaran, kontrak kuliah, pemberian tugas, dan buku referensi.

LOG 2 (pertemuan 2)
Menonton film 3 idiots dan menganalisisnya mulai dari nilai utama, penerapan dalam pembelajaran, dan kejelekanya.

NILAI UTAMA FILM 3 IDIOTS
Nilai utamanya yaitu mengisahkan pendidikan yang pada umumnya hanya berkutat pada penjejelan ilmu pengetahuan saja tanpa menumbuhkan kesadaran pada diri siswa untuk belajar dan pembelajaran yang umumnya masih otoriter.

10 PENERAPAN DALAM PEMBELAJARAN
1.pendidik sebaiknya tidak bersifat oteriter terhadap peseta didiknya.
2pembelajaran memerlukan kreativitas dan variasi pengajaran agar tidak membosankan.
3.kita harus bisa bersifat terbuka kritik dan saran orang lain.
4.berani mengungkapakan pendapat meskipun di bawah tekanan pihak lain.
5.harus bisa bersifat profesional dalam keadaan apapun.
6.bukan hanya sekedar menghafal saja akan tetapi juga harus mengerti makna, maksud dan tujuanya.
7.pendidikan yang baik yaitu pendidikan yang mampu menumbuhkan kesadaran pada diri peserta didik untuk belajar secara mandiri.
8.dari kita lebih mementingkan hasil daripada prosesnya.
9.pentingnya gelar atau ijasah untuk mendapatkan pekerjaan, kekuasaan maupun harta yang berlimpah.
10.pendidik tidak boleh merendahkan kemapuan peserta didiknya.

10 KEJELEKAN DALAM FILM TERSEBUT
1.cara pemberian salam yang terlalu berlebihan dan vulgar.
2.mudah putus asa ketika kesuksesan belum didapat bahkan dengan mencoba bunuh diri.
3.terkadang peserta didik bersikap tidak sopan terhadap pendidiknya.
4.orang tua yang terlalu egois dan otoriter terhadap anak-anaknya.
5.digunakanya segala cara untuk mencapai tujuan termasuk kemenangan dalam persaingan.
6.terlalu meremehkan kemampuan orang lain.
7.senang mempermalukan orang lain bahkan di depan umum sekalipun.
8.pendidik bersifat tidak profesional karena melibatkan urusan pribadi ke dalam urusan pekerjaan.
9.alur film yang membingungkan.
10.masuk rumah orang lain tanpa ijin bahkan seperti pencuri.

INOVASI PEMBELAJARAN
Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang artinya membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru.
Inoasi terkadang juga diartikan sebagai penemuan akan tetapi maknaya berbeda dengan discovery dan invention. Discovery merupakan penemuan yang sebenarnya sudah ada sebelumnya tapi belum diketahui, sedangkan invensi adalah penemuan yang benar-benar baru sebagai hasil dari kegiatan manusia. Sedangkan pembelajaran merupakan proses komunikatig-interaktif antara sumber belajar, guru dan siswa untuk saling bertukar informasi.Jadi menurut saya inovasi pembelajaran yaitu suatu inovasi yang dilakukan didalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Inovasi pembelajaran dilakukan agar mutu pendidikan semakin meningkat dari waktu ke waktu.inovasi pembelajaran dapat dilakukan mulai dari metode yang digunkan, teknik belajar, cara penyampaian, media, dan sebagainya. seiring dengan perkembangan zaman inovasi pembelajaran dibantu dengan perkembangan teknologi, misalnya dengan adanya laptop memudahkan guru dalam penyampaian pembelajaranya. sekarang ini, inovasi pembelajaran tidak hanya dituntut dalam penyampaian ilmu pengetahuan atau berkenaan dengan pengembangan kognitif semata akan tetapi juga bagaimana caranya menumbuhkan semangat atau kesadaran pada diri siswa untuk belajar mandiri. dengan begitu akan menyadarkan mereka bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan bukan merupakan sesuatu yang harus dipaksakan karena dengan begitu akan memudahkan siswa dalam menyerap ilmu yang disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar