Senin, 06 September 2010

Selasa, 07 September 2010

ERNAWATI (K7109073)


Log 1  (Pertemuan ke-1)
Bedah kurikulum diawali dengan pengertian inovasi dan pembelajaran,  macam-macam kurikulum seperti  challenge kurikulum, macam pembelajaran contoh pembelajaran diferensiasi. Cara belajar yang baik yaitu belajar tidak harus urut tetapi subjek yang belajar yang harus urut. Sumber-sumber buku yang digunakan dalam inovasi pembelajaran diantaranya Brain-Based Learning, Teaghing bGhildren to Think, dan lainnya.

Log 2 (Pertemuan ke-2)
Jenis-jenis metode pembelajaran yaitu penbelajaran jikso, kooperatif, DAP. Metode-metode tersebut sudah dianggap kuno, sehingga harus diciptakan suatu inovasi atau perubahan model pembelajaran untuk meningaktkan kualitas pendidikan di indonesia.  Bentuk inovasi pembelajaran dapat dilakukan dengan pembelajaran menggunakan media seperti siswa belajar sambil nonton film.

Analisis Film 3 Idiot
  • Nilai-nilai yang terkandung dalan film 3 idiot
          Dalam film 3 idiot banyak sekali nilai-nilai yang baik yang patut dicontoh, misalnya sikap semangat pantang mundur, kreatif, selalu ingin tahu yang tinggi, jujur, selalu berpikir positif dari tokoh utama. Belajar  itu tidak hanya sebatas pada satu hal saja tetapi dalam berbagai hal dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, belajar tidak hanya sekedar untuk memperolah ilmu ataupun ijasah tetapi lebih ditekankan pada penerapan dalam kehidupan. Nilai utama dalam film yaitu pendidikan yang menggambarkan bentuk pendidikan saat ini yang hanya mengedepankan teori dan otoriter dosen yang kemudian diadakan perubahan atau inovasi dari siswanya yang menggambarkan pendidikan yang benar-benar menciptakan manusia yang cerdas dari berbagai segi.
  • Implikasi dalam pembelajaran 
  1. Dalam pembelajaran perlu diterapkan metode pembelajaran seperti diskusi, eksperimen, tanya jawab tidak hanya berdasarkan teori saja. 
  2. Pemikiran kritis, kreatif dari siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran supaya tidak terdapat tingkatan dosen ataupun guru itu lebih pintar. 
  3. Pendidik tidak boleh otoriter, sewenang-wenang terhadap anak didiknya. 
  4. Pendidik tidak boleh mencampuradukan masalah pribadi dengan masalah dalam kaitannya dengan profesi kerjanya. 
  5. Diperlukan inovasi pembelajaran atau pembaharuan supaya pembelajaran lebih hidup dan menghidupkan proses pemikiran siswa. Beranilah mencoba hal-hal yang baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan kaerena itu akan menjadi langkah awal suatu kemajuan. 
  6. Jangan takut mengajar cita-cita meskipun bertentangan dengan kehendak orang tua. Yakinlah akan kemampuan diri kita sendiri. 
  7. Dalam suatu pembelajaran yang diperlukan adalah proses dan penerapan, hasil adalah hadiah dari proses dalam pembelajaran.
  8. Pendidik harus dapat mengenali karakteristik anak didiknya.
  9. Orang tua, guru, teman, dan orang-orang sekitar  berperan penting dalam perkembangan setiap peserta didik. Mereka adalah penyemangat dalam meraih cita-cita.
  10. Hormatilah guru kita baik beliau menjengkelkan ataupun jahat kepada kita.
  • Kejelekan dari film 3 Idiot
  1. Penampilan film terlalu vulgar, tidak sopan, tidak disensor. 
  2. Alur cerita menggunakan alur campuran sehingga perlu pemahaman yang benar-benar detail untuk memahami jalan cerita film tersebut.
  3. Bahasa yang digunakan belum didubbing.
  4. Terlalu menonjolkan sikap siswa melawan dosen, yang seharusnya dosen itu lebih bisa dihormati. 
  5. Durasi film terlalu lama jika dimasukan ke dalam pembelajaran.
  6. Budaya minum-minuman keras tidak ditampilkan. 
  7. Pembunuhan karakter dosen
  8. Jika dalam dunia nyata kisah semacam film itu sekitar 20 % yang bener-bener ada dalam kenyataan. 
  9. Cerita terlalau ekstrim yang berkaitan dengan bunuh diri setelah putus asa, jika ditonton anak belum dewasa akan berpengaruh negatif.
  10. Bahasa dalam film kasar.
Sebenarnya saya kesulitan sekali mencari kekurangan dari film idiots  karena film ini bagus sekali, yang menjadi kekurangan film tersebut justru menjadi keunikan tersendiri dari film tersebut.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar