Minggu, 05 September 2010

Mira Tri Utami (3A /K7109128 /36)

Pengembangan tentang inovasi pembelajaran 

        Perkembangan teknologidan informasi membuat kita harus selalu mengikutinya terutama dalam hal ilmu pengetahuan. Pengembangan ilmu pengetahuan menjadi jembatan pembaharuan perkembangan tehnologi dan informasi. Keseluruhan tantangan dan persoalan tersebut memerlikan pemikiran kembali yang mendalam dan pendekatan baru yang lebih kearah kemajuan. Pendekatan ini harus selalu didahului dengan penjelajahan yang mendahului percobaan, dan tidak semata-mata atas dasar mencoba.
        Gagasan baru sebagai hasil pemikiran harus mampu memecahkan persoalan yang tidak terpecahkan dengan cara baru. Gagasan dan pendekatan baru yang memenuhi ketentuan inilah yang dinamakan inovasi pembelajaran. Inovasi merupakan suatu ide,kejadian, barang dan metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu yang baru. Hal tersebut bertujuan untuk memecahkan suatu perubahan yang baru dan kuantitatif berbeda. Inovasi pembelajran adalah suatu perubahan menuju yang baru. Disini menuntut seorang guru untuk berperan aktif menjadi otivator bagi peserta didik.

Log pertemuan 1, Rabu 25 agustus 2010
Membahas tentang inovasi pembelajaran, mencari sumber reverensi dan membuat log setiap pertemuan.

Log pertemuan 2, Selasa 31 agustus 2010
Membahas silabus inovasi pembelajaran selama 1 semester dan hal-hal tentang pentingnya inovasi pembelajaran bagi peserta didik.

Log pertemuan 3, Selasa 31 agustus 2010 
Menonton film 3 idiot dan mencari nilai utama, kejelekan, serta implikasi dalam pembelajaran dari film itu.

Tugas pertemuan 3.


Nilai utama dari film 3 idiot
Nilai utama yang dapat kita ambil dari film genre india yang berjudul 3 idiot adalah berorientasi pada nilai pendidikan dan nilai persahabatan. Belajar hendaknya lebih berorientasi pada proses bukan dilihat pada hasilnya semata. kemauan dalam belajar harus di landasi dari dalam hati bukan hanya sekedar memenuhi keinginan orang lain.
Proses dalam belajar penting. Karena proses yang baik pasti akan menghasilkan hasil yang baik pula. Sementara hasil yang baik belum tentu melalui proses yang baik pula. Sedangkan nilai persahabatan adalah kesetiakawanan persahabatan. Persahabatan lebih mulia dari pada kehidupan ini.

Implikasi dari film tersebut yaitu :
  • Pembelajaran hendaknya lebih menekankan pada proses bukan pada hasilnya semata.
  • Jadikanlah kegiatan belajar mengajar sebagai hal yang menyenangkan bukan sebagai hal yang menakutkan.
  • jadikan proses belajar sebagai sarana meraih kesuksesan bukan untuk kesombongan diri.
  • Dalam proses balajar mengajar hendaknya jangan hanya menekankan pada teori semata.
  • Pilih materi belajar mengajar siswa sesuai kemampuan dan bakat peserta didik.
  • jangan pernah merasa terlambat dalam belajar.
  • Bersaing dalam belajar bisa dijadikan motivasi dalam belajar agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.
  • Pentingnya kedisiplinan yang di terapkan dalam lingkungan sekolah.
  • Hendaknya sebagai para pengajar bisa menerima saran dan kritik peserta didik untuk kemajuan bersama.
Kejelekan dari film 3 idiot :
  • Cara belajar mengajar hanya melihat pada hasil semata tanpa mementingkan proses.
  • Kurangnya kebebasan kepada peserta didik dalam mengembangkan imajinasinya. 
  • Memanggil seorang murid dengan kata idiot.
  • kurangnya perhatian pengajar terhadap peserta didik.
  • Sifat mengajar yang terlalu otoriter.
  • Memalsukan ijazah.
  • Memaksakan kehendak orang tua kepada anak.
  • Cepat putus asa karena mengakhii sebuah masalah dengan bunuh diri.
  • Kurangnya nilai sopan santun.
  • Menghafal materi pelajaran tanpa memahami isi yang dihafalkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar