Selasa, 07 September 2010

APRILIANA REJEKI /K7109029/ IIA

INOVASI PEMBELAJARAN

I. Log Pertemuan I (25 Agustus 2010)
 Mencari referensi buku tentang inovasi pembelajaran, membuat log mingguan dan log bulanan. Memahami makna inovasi pembelajaran yaitu sebagai  suatu cara, metode dan usaha  yang digunakan seseorang atau kelompok untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas anak didik.
 II. Log Pertemuan II ( 31 Agustus 2010)
Mengamati KBM di salah satu Universitas di india melalui film dan menganalisis film tersebut untuk diimplikasikan dalam pembelajaran.
 III. Tugas analisis dari film 3 IDIOTS
      A. Nilai utama yang terkandung dalam film 3 IDIOTS adalah Guru merupakan peran yang paling  menentukan dalam proses pendidikan, karena ditangan gurlah terletak berhasil tidaknya peningkatan mutu  pendidikan. Kesalahan dan keeliruan guru dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran di sekolah akn meninggalkan rekaman buruk dihati muri- murid. Seharusnya murid dijadikan subjek bukan objek pembelajaran. Murid harus terlibat dalam pembelajaran. Belajar itu bukan hanya menghafal tetapi untuk memahami. Tanpa memahami belajar akan sia- sia dan belajar itu bukann untuk mengejar kesuksesan tetapi untuk mencari keberhasilan kita dalam memahami materi yang diajarkan, karena kesuksesan akan datang sendirnya seiring berjalannya keberhasilan.
     B. Implikasi dalam pembelajaran
1. Peserta didik (murid) seharusnya dijadikan sebagai subjek pembelajaran yang harus terlibat langsung secara aktif dalam belajar, bukan hanya sebagai objek pembelajaran.
2. Pendidik (Guru) seharusnya memberi motivasi kepada anak didiknya agar dapat mengembangkan  kemampuan berkreasi dan berinovasi.3. Seorang pendidik harus mmpu menciptakan situasi belajar yang menyenangkan dan mampu menguasai kelas, sehingga mata pelajaran yang diajarkan dapatterserap dengan baik oleh anak didiknya.
4. Nilai/ ijasah bukanlah satu- satunya parameter keberhasilan seseorang, seharusnya pendidik lebih melihat pada proses pembelajaran peserta didik.
5. Seorang pendidik harus mampu menciptakan dan membiasakan peserta didik untuk berfikir kritis dan mampu megutarakan pendapat.
6. Dalam proses pembelajaran perkembangan peserta didik harus diperhatikan.
7. Kemampuan murid sangat beragam dalam belajar, sehingga pendidik harus dapat menyajikan materi dengan baik.
8. Pendidik harus mencoba memahami permasalahan peserta didiknya dalam KBM sehingga proses KBM akan lancar.
9. Pendidikmenghargai hasil karya peserta didik, agar peserta didikn termotivasi untuk maju dalam mengembangkan kreatifitasnya.
10. Belajar tidak hanya terpaku pada guru dan di dalam kelas tetapi dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.
    
     C. Kejelekan dari film 3 IDIOTS
1. Belajar untuk memperoleh ilmu bukan hanya unuk memperoleh nilai/ ijasah.
2. Menyelesaikan permasalahan dengan cara bunuh diri.
3. Orang tua yang hanya memaksakan kehendak anaknya tanpa memperhatikan bakat serta minat yang dimiliki, sehingga anak tersebut menjalani kehidupannya penuh tekanan dan paksaan.
4. Pendidik membedakan peserta didik sesuai tingkatan kecerdasan dan menganggap peserta didik yang berbeda dengan yang lainnya sebagai anak idiot.
5. Pendidik terlalu meremehkan dan menekan peserta didiknya apabila tidak sesuai dengan apa yang diperintahkan.
6. Perkataan pendidik yang kurang baik justru melemahakan semangat peserta didik untuk belajar.
7. Belajar hanya dengan menghafal tanpa memahami isi.
8. Pendidik terlalu membatasi kreasi peserta didik dan pendidik mencemooh, menjelek- jeleken peserta didiknya yang melakukan hasil pekerjaan yang kurang baik.
9. Dalam prses pembelajaran pendidik terlalu otoriter.
10.Pandangan yang keliru tentang peserta didik, guru memandang pesdik sebagai objek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar