Senin, 06 September 2010

Ulfatun Rohmah/23/3B/K7109192

Log pertemuan 1
Pada pertemuan pertama membahas tentang makna inovasi pembelajaran, mencari referensi buku, membuat log tiap minggu/bulan.
Log pertemuan 2
Menonton film 3 pria idiot dan mencari nilai utama, implikasi dalam pendidikan, dan kekurangan film tersebut.

Nilai utama film 3 pria idiot:
Nilai utama yang terdapat dalam film 3 pria idiot antara lain dalam hal pendidikan, kita sekolah tidak hanya mencari nilai, ijazah, namun bagaimana kita dapat menangkap makna ilmu yang kita pelajari serta dapat mengimplikasinya dalam kehidupan.

10 implikasi film 3 pria idiot dalam pendidikan:
1. belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak hanya di kelas.
2. seorang pengajar tidak boleh otoriter dalam mengajar, hendaknya menghargai pendapat peserta didiknya.
3. pengajar yang baik tidak memaksakan kehendak pada peserta didiknya karena pada dasarnya peserta didik juga memiliki pendapat tentang sesuatu hal.
4. bersikaplah terbuka dan menerima pendapat orang lain.
5. tidak boleh berputus asa jika gagal dalam sesuatu hal.
6. sebaiknya dalam memberikan penilaian tidak boleh mempertontonkan kelemahan dan kekurangan orang lain.
7. bekerja sama dan saling membantu dengan teman dalam kebaikan.
8. jangan mencari kesuksesan, tapi jadilah orans besar maka kesusesan akan mengikuti.
9. belajar dengan mengeluarkan kreativitas dan kemampuan lebih baik dari pada hanya menghafal buku saja.
10. dalam pendidikan tidak hanya mengejar nilai saja, ilmu yang kita dapat jauh lebih penting daripada hanya mengejar nilai.

10 kekurangan film 3 pria idiot:
1. ada pengajar yang otoriter tidak mau menerima pendapat peserta didiknya.
2. bunuh diri bukanlah cara untuk menyeleseikan masalah
3. terdapat unsur porno dalam film tersebut.
4. si pria kurang berani mengungkapkan pendapat pada wanita.
5. si pria pergi begitu saja tanpa menjelaskan masalah sebenarnya.
6. menghalalkan segala cara demi membantu sahabat.
7. alur cerita agak rumit karena maju mundur.
8. dalam universitas tersebut hanya menuntut nilai yang baik saja.
9. iri hati melihat temannya jauh lebih baik.
10. menghalalkan segala cara demi mendapatkan ijazahdan nilai yang terbaik.

INOVASI PEMBELAJARAN
Makna kata inovasi adalah pembaharuan atau perbaikan dengan disertai perubahan ke arah yang lebih baik dengan cara-cara tertentu. inovasi pembelajaran merupakan pembaharuan atau perbaikan suatu sistem pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih baik.
Dalam inovasi pembelajaran guru memiliki peran yang amat vital dalam proses pembelajaran di kelas. Gurulah yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, mengevaluasi, menganalisis hasil evaluasi, dan melakukan tindak lanjut. Guru merupakan penentu keberhasilan siswa. guru lah yang lebih banyak melakukan inovasi pembelajahan. ketika guru datang tentunya menjadi pusat perhatian bagi siswanya. dari penampilan, cara berbicara, cara mengajar sampai kebiasaannya akan diperhatikan oleh siswanya.
Guru merupakan sosok yang dianggap sempurna oleh muridnya. Guru hendaknya menjadi contoh yang baik karena segala tingkah lakunya akan diperhatikan siswanya.
Guru mengajar tidak hanya berceramah di depan kelas atau memberikan tugas pada siswanya saja. guru melakukan inovatif misalnya dengan mrmberikan siswanya kesempatan untuk berpikir menurut pendapatnya. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa didik untuk bebas berpendapat dan bercurah pikir, guru akan lebih mudah dalam menyemaikan nilai-nilai luhur hakiki. Dengan cara demikian, tugas guru sebagai pengajar dan sekaligus sebagai pendidik diharapkan bisa terimplementasikan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar