Selasa, 07 September 2010

Teori Belajar dalam Pembelajaran (TOFIYAH/111B/K7109186)

Agar tujuan pendidikan dapat dicapai dengan baik kita harus menetapkan teori belajar dalam pembelajaran. Secara umum dikenal teori-teori mendasar yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu behavioris, kognitif, dan konstruktif. Dalam teori behavioris belajar menekankan  perhatianpada perubahan tingkah laku yang dapat diamati setelah proses pembelajaran. Perilaku dapat dikuatkan atau dihentikan melalui ganjaran atau hukuman. Guru tidak perlu tahu pengetahuan apa yang telah diketahui dan apa yang terjadi pada proses berfikir seseorang. Dalam teori kognitif belajar merupakan pelibatan penguasaan atau penataan kembali struktur kognitif dimana seseorang memproses dan menyimpan informasi.Sedangkan dalam teori konstruktif belajar merupakan pembangunan pengetahuan berdasarkan pengalaman atau pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Belajar merupakan proses yang aktif dimana pengetahuan dikembangkan berdasarkan pengalaman, makna melalui berbagai informasi atau mencari kesepakatn dari berbagai pandangan melalui interksi atau kerjasama dengan orang lain. Setiap teori memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing, oleh karena itu toeri dapat saling melengkapi dan menguatkan. Sehingga setiap teori tidak dapat berdiri sendiri tanpa berhubungan dengan teori yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar