Kamis, 09 September 2010

JANNATUN INDRIYANI / IIIA / K7109110_ARTIKEL

Artikel Inovasi Pembelajaran
Inovasi pembelajaran berasa dari kata inovasi dan pembelajaran. Inovasi berasal dari kata latin, innovation yang artinya perubahan dan pembaruan. Inovasi ialah suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan atau ke arah yang berbeda dari yang sebelumnya, dan dilakukan dengan sengaja dan berencana.
Istilah perubahan dan pembaruan memiliki perbedaan dan persamaan. Perbedaan diantara keduanya adalah jika pembaruan terdapat unsur kesengajaan, sedangkan perubahan lebih cenderung pada unsur ketidaksengajaan. Persamaan dari pembaruan dan perubahan adalah sama-sama akan menimbulkan suatu unsur yang berbeda dari sebelumnya.
Selain pengertian inovasi di atas, inovasi juga dapat diartikan sebagai suatu cara penggunaan potensi yang lama di dalam rangka meningkatkan efesiensi suatu usaha. Sebagai contoh jika kekurangan gedung atau guru, pemecahannya tidak selalu dengan cara menambahnya, akan tetapi cara penggunaannya yang diperbaharui.
Menurut Ansyar, Nurtain (1991),inovasi adalah gagasan, perbuatan, atau sesuatu yang baru dalam konteks sosial tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi.
Dari beberapa pengertian tersebut di atas, maka disimpulkan bahwa inovasi adalah perubahan, namun tidak semua perubaan itu adalah inovasi.
Pembelajaran menurut Kartadinata.S & Permana.J.1997; Raka Joni, 1983; Hasibuan dan Mudjiono,1995, pembelajaran dapat diartikan menjadi beberapa sudut pandang. Pertama, pembelajaran diartikan sebagai kegiatan menyampaikan pesan berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari guru kepada peserta didik. Kedua, pembelajaran dipandang sebagai suatu proses penggunaan seperangkat keterampilan (teaching as a skill) secara terpadu. Ketiga, pembelajaran dipandang sebagai suatu seni, yang mengutamakan penampilan (kinerja) guru secara unik yang berasal dari sifat-sifat khas, dan perasaan serta naluri guru. Keempat, pembelajaran dipandang sebagai pencipta suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran.
Dari keempat pengertian di atas, maka pembelajaran pada hakikatnya adalah proses penciptaan stimulasi kepada kelompok peserta didik, baik secara individu atau kelompok sehingga terjadi proses belajar dalam diri siswa.
Dengan demikian inovasi pembelajaran dapat kita artikan sebagai suatu wujud pembaruan dan perubahan dalam penciptaan stimulasi kepada peserta didik, baik secara individu atau kelompok sehingga terjadi proses belajar dalam diri peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar