Sabtu, 11 September 2010

YENI NUR FATIAH IIIB (K7109210)

Artikel Inovasi Pembelajaran

Apasih Inovasi Pembelajaran itu?
Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang artinya membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru.
Inovasi terkadang juga diartikan sebagai penemuan akan tetapi maknaya berbeda dengan discovery dan invention. Discovery merupakan penemuan yang sebenarnya sudah ada sebelumnya tapi belum diketahui, sedangkan invensi adalah penemuan yang benar-benar baru sebagai hasil dari kegiatan manusia. Istilah perubahan dan pembaruan memiliki perbedaan dan persamaan. Perbedaan diantara keduanya adalah jika pembaruan terdapat unsur kesengajaan, sedangkan perubahan lebih cenderung pada unsur ketidaksengajaan. Persamaan dari pembaruan dan perubahan adalah sama-sama akan menimbulkan suatu unsur yang berbeda dari sebelumnya.
Selain pengertian inovasi di atas, inovasi juga dapat diartikan sebagai suatu cara penggunaan potensi yang lama di dalam rangka meningkatkan efesiensi suatu usaha. Sebagai contoh jika kekurangan gedung atau guru, pemecahannya tidak selalu dengan cara menambahnya, akan tetapi cara penggunaannya yang diperbaharui.
Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses penciptaan stimulasi kepada kelompok peserta didik, baik secara individu atau kelompok sehingga terjadi proses belajar dalam diri siswa.
Dengan demikian inovasi pembelajaran dapat kita artikan sebagai suatu wujud pembaruan dan perubahan dalam penciptaan stimulasi kepada peserta didik, baik secara individu atau kelompok sehingga terjadi proses belajar dalam diri peserta didik.
Menurut saya inovasi pembelajaran bukan hanya terjadi di dalam kelas dan dalam keadaan formal,di rumah bisa saja di terapkan inovasi pembelajaran. misal di daerah yang dominan di tumbuhi talas yang bisa di masak, terdapat orang yang akan belajar membuat mi ayam. Pada saat di ajari proses pembuatannya, lupa belum membeli cesin kemudian di ganti dengan daun talas. Pembelajaran seperti itu juga bisa di katakan inovasi karena yang di ajari dapat menyimpulkan bahwa tidak hanya daun cesin yang bisa di gunakan tapi daun talas juga bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar