Senin, 18 Oktober 2010

Inti sari KD 1 (IKA WINDY PRATIWI/K7109097/27/IIIA)

INTI SARI KD 1 (KEMENGAPAAN INOVASI)
Perkembangan zaman modern yang pesat banyak menimbulkan perubahan dan kemajuan yang mencakup berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat. Oleh karena itu pentingnya peningkatan mutu dan mutu pengajar untuk membina tenaga guru profesional adalah unsur yang penting bagi pembaharuan dunia pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran peran otak sangatlah penting, karena dalam diri manusia otak menjadi pusat saraf. Berpikir adalah sebuah proses dari otak yang mengakses respon sebelumnya untuk memahami atau menciptakan sesuatu yang baru atau aktivitas yang bertujuan menemukan suatu cara untuk memecahkan masalah. Jadi dengan adanya masalah, maka dapat digunakan sebagai sarana untuk mengasah otak manusia. Dalam perkembangan individu, perkembangan individu dikelompokkan menjadi tiga bagian utama, yaitu : Proses biologis mencakup perubahan – perubahan yang terjadi pada diri individu, Proses kognitif melibatkan kemampuan dan pola berpikir, kemahiran dalam berbahasa, serta cara individu tentang bagaimana memperoleh pengetahuan. Sedangkan proses psikososial melibatkan perubahan – perubahan dalam aspek perasaan, emosi,dan kepribadian individu serta cara yang bersangkutan berhubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, individu disebut sebagai prbadi yang unik karena individu menjadi pribadi yang utuh, tunggal dan khas.
Inovasi adalah suatu ide sebagai suatu hal yang baru bagi sekelompok orang yang diadakan untuk mencapai suatu tujuan. Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi (UU No. 18 tahun 2002). Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah suatu pembaharuan atau perombakan yang sudah ada untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai. Pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada peserta didik yang harus dirancang, dikembangkan dan dikelola secara kreatif, dinamis, untuk menciptakan suatu kondisi yang menyenangkan dalam pembelajaran.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa inovasi pembelajaran adalah proses pembaharuan atau perombakan pada sistem belajar pada siswa yang dirancang, dikembangkan dan dikelola secara kreatif, dinamis agar terjadi suatu proses belajar yang kondusif serta untuk mencapai tujuan yang tertentu.
Belajar adalah usaha untuk mencapai kepandaian atau ilmu guna memenuhi kebutuhan mendapatkan ilmu pengetahuan yang belum mereka kuasai atau peroleh sebelumnya. Sedangkan pembelajaran adalah merupakan suatu sistem yang tersusun dari unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Manusia yang terlibat dalam sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru, dan tenaga lainnya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar