Senin, 18 Oktober 2010

Retno Megawati , k7109158, 3b, log 1,2,3


Log 1
Bisa membelajarkan anak adalah kunci pembelajaran.

Log 2
Belajar itu bukan untuk mengumpulkan ilmu tetapi untuk mempertajam ilmu tersebut dan belajar sebenarnya memperbaiki alat-alat yang kita miliki serta dengan  menambah wawasan yang sebanyak-banyaknya.
Log 3
Dari film 3 idiot saya dapat mengambil pelajaran bahwa belajar bukan hanya menghafal tetapi perlu di pahami seutuhnya.

Analisis Film
  1. Nilai utama yang diperoleh dari film 3 Orang Idiot
Sebagai orang tua yang baik tidak boleh memaksakan kehendak  yang diinginkan kepada anak tanpa menanyakan apa yang dia mau tetapi biarkan anak menjadi seseorang yang dia inginkan jangan sampai anak merasa tertekan dalam hidupnya karena kehendak yang orang tua paksakan tidak sesuai dengan keinginan dan kemampuan anak tersebut.
  1. 10 implikasi pembelajaran
    1. Belajar tidak harus dengan 1 buku saja
    2. Dalam belajar yang penting adalah kita harus paham
    3. Belajar itu bisa dimana saja tidak terbatas hanya di sekolah
    4. Belajar itu efisien
    5. Belajar itu tidak sekedar menghafal tetapi memahami apa yang dipelajari
    6. Dalam pembelajaran seorang guru tidak boleh otoriter tetapi demokratis terhadap peserta didiknya
    7. Belajar tidak hanya dengan buku saja
    8. Dalam pembelajaran tidak boleh ada kekerasan
    9. Sebagai seorang pendidik tidak boleh meremehkan kemampuan siswanya bisa saja kemampuan siswa tersebut lebih tinggi
    10. Seorang pendidik harus menghargai pendapat peserta didiknya.  

  1. 10 kejelekan dari film tersebut
            a. Terdapat sifat pemain yang mudah putus asa sampai ditempuh jalan   bunuh diri untuk mengakhiri hidup hal tersebut tidak patut dicontoh
      b. Agak vulgar
      c. Sistem belajar yang otoriter
      d. Kata-kata yang tidak sopan sehingga kurang mendidik
      e. Kurang menghormati yang lebih tua
      f. Perilaku yang kurang mendidik seperti kencing di pintu rumah orang lain
      g. Kebiasaan yang kurang sopan
      h. Kekerasan dalam pembelajaran
      i. Pendidikan hanya untuk mencari ijazah
      j. Orang tua terlalu memaksakan kehendak kepada anak     

Artikel
Inovasi Pembelajaran Individu Mandiri

Inovasi merupakan suatu ide yang diamati sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Pembelajaran itu proses, cara dan yang harus diperbuat dan mempelajari sesuatu. Sebagai guru SD harus mampu membuat dan melaksanakan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran yang muncul dari pengamatan sendiri dengan peserta didik sendiri maupun peserta didik dari sekolah lain akan lebih tepat pada sasaran dan tujuan yang ingin dicapai.
Disini akan dibahas tentang inovasi pembelajaran individu mandiri. Pada dasarnya belajar itu individu sehingga seorang guru harus menciptakan pembelajaran yang membuat siswanya  mampu belajar secara mandiri, tidak tergantung pada guru maupun siswa lain dia mau belajar tetapi dari kesadaran individu tersebut karena belajar sudah menjadi kebutuhan.
Di dalam pembelajaran ini guru  dalam proses belajar mengajar  dapat memberikan rangsangan-rangsangan yang membuat siswanya tertarik dan menjadi penasaran. Materi yang disampaikan hanya disampaikan benang merahnya saja, buat materi tersebut masih menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang siswa harus mencarinya sendiri atau guru dapat memberikan tugas secara individu yang tugas tersebut membuat siswa kemudian memahami materi yang sedang dipelajari.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar