Minggu, 17 Oktober 2010

KD1 inov pemb (RITA RETNOSARI)

Ini awal!!Pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan memang sangat dibutuhkan oeh siswa dan akan membuat siswa menjadi lebih semangat untuk belajar. Terkadang seorang guru tidak mengerti bagaimana cara mengajar siswa yang menyenangkan dan tidak membosankan, kebanyakan dari mereka masih menggunakan sistem beljar DDCH(duduk,dengar, catat, hafal).
Sebenarnya inovasi pembelajaran itu apa ya??? kok banyak sekali orang yang membahas serta memperbincangkan inovasi pembelajaran? Inova, pertama kita mendengar kata-kata itu, kita sontak berpikir ke merk mobil kijang, terus kita berasumsi kalo inovasi itu pembaruan teknologi. Ternyata, inovasi itu bukanlah  pembaruan yang ada pada teknologi saja, inovasi juga ada pada sitsem pembelajaran. Sebelum kita  mengartikan inovasi pembelajaran, apa sih inovasi itu? Kata inovasi dapat diartikan sebagai “proses” dan “hasil” pengembangan atau pemanfaatan mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang atau jasa), proses, sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).
Inovasi sebagai suatu “obyek” juga memiliki arti sebagai suatu produk atau praktik baru yang tersedia bagi aplikasi, umumnya dalam suatu konteks komersial. Biasanya, beragam tingkat kebaruannya dapat dibedakan, bergantung pada konteksnya: suatu inovasi dapat bersifat baru bagi suatu perusahaan, baru bagi pasar, atau negara atau daerah, atau baru secara global. Sementara itu, inovasi sebagai suatu “aktivitas” merupakan proses penciptaan inovasi, seringkali diidentifkasi dengan komersialisasi suatu invensi. Istilah inovasi memang sering didefinisikan secara berbeda, walaupun pada umumnya memiliki pemaknaan serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar